Wednesday, 4 October 2017

Routing mark 2 ISP Berbeda

Assalamualaikum,

Pada kali ini, saya akan menunjukkan sebuah cara yang digunakan untuk memanipuasi jalur untuk keluar. Dalam hal ini, nantinya kita akan mengalihkan sebuah traffic untuk network sekian, dan juga sebuah traffic untuk network lainnya. Hal ini biasanya digunakan untuk meoptimalkan beban traffic yang ada pada jaringan tersebut. Sehingga tentunya, traffic akan terasa cukup lega dan terlihat adil.

Oke langsung saja, berikut topologi yang akan kita gunakan.

Topologi
Konfigurasi

Oke berdasarkan topologi diatas, terlihat bahwa sebuah jaringan memiliki 2 ISP yang sama sama digunakan untuk terhubung ke internet tentunya, dan juga ada 2 network yang ada pada sisi client. Sehingga nantinya sebuah network akan melewati jalur ISP A dan network lainnya akan melewati jalur ISP B.

Kita akan membuat agar network dari VLAN 10 melewati ISP A, dan VLAN 20 melewati ISP B.

Router1

[admin@R1]> ip firewall mangle add chain=prerouting src-address=172.4.110.0/24 action=mark-routing new-routing-mark=TrafficVLAN10
[admin@R1] > ip firewall mangle add chain=prerouting src-address=172.4.120.0/24 action=mark-routing new-routing-mark=TrafficVLAN20
Berdasarkan konfigurasi tersebut, menandakan bahwa setiap packet yang berasal ari VLAN10, maka tandai routing tersebut dengan nama TrafficVLAN10. Sedangkan untuk traffic yang berasal dari VLAN20, maka tandai routing tersebut dengan TrafficVLAN20.

Jika sudah seperti itu, kita harus mendefinisikan nantinya traffic yang dibuat tadi akan melewati jalur yang mana. Oleh karena itu, kita harus membuat route untuk masing masing traffic.

Router1
[admin@R1]> ip route add gateway=172.4.2.1/30 routing-mark=TrafficVLAN10
[admin@R1]> ip route add gateway=172.4.2.5/30 routing-mark=TrafficVLAN20
Jika sudah seperti itu, maka lakukan pengecekan dengan menggunakan traceroute. Maka hasilnya itu, apabila VLAN10 melakukan traceroute, maka yang akan dilewati adalah jalur ISP A, dan sedangkan apabila VLAN20 melakukan traceroute, maka yang akan dilewati adalah jalur ISP B.

Share this

0 Comment to "Routing mark 2 ISP Berbeda"