Thursday, 14 September 2017

DHCP Client

Assalamualaikum, 

Pada kali ini saya akan membahas kembali dan masih mengenai mikrotik, materi yang akan saya bahas pada kali ini adalah materi mengenai DHCP Client pada mikrotik. 
 

Pada DHCP Client yang ada di mikrotik sendiri, tentunya berguna untuk melakukan request address kepada DHCP Server. Jadi kita mengkonfigurasikan mikrotik agar mendapatkan address dari DHCP server. 

Dalam mikrotik sendiri, ada beberapa konfigurasi yang dapat kita konfigurasikan pada bagian DHCP Client, dan diantaranya sebagai berikut. 

1.Interface
Interface merupakan salah satu konfigurasi yang wajib dikonfigurasikan pada client. Dalam hal ini, kita mengkonfigurasikan untuk menentukan interface mana yang nantinya akan mendapatkan address DHCP dan mana address yang akan melakukan request untuk mendapatkan address. 

2. Hostname
Hostname sendiri, merupakan konfigurasi yang tidak begitu wajib. Fungsinya sendiri agar nantinya router kita dikenali oleh DHCP Server dengan hostname yang telah didefinisikan. 

3. Client-id
Client id juga merupakan konfigurasi yang tidak begitu wajib juga. Untuk fungsinya sendiri, berfungsi untuk mendefinisikan mac address pada interface yang kita gunakan. 

4. Add default route
Dalam parameter ini, kita dapat menentukan apakah kita ingin menambahkan default route pada router tersebut. Untuk default route itu sendiri, nantinya akan menggunakan DHCP Server sebagai gateway kemana dia akan keluar. 

5.Use peer dns
Dalam parameter tersebut, kita bisa mendefinisikan apakah ingin menambahkan dns sesuai yang diberikan oleh DHCP server. 

6. Use peer ntp
Dalam parameter tersebut, kita dapat mendefinisikan apakah kita ingin mensinkronkan waktu yang ada pada router kita dengan DHCP server. 

7. Default route distance
Dan parameter ini adalah yang terakhir, dimana apabila kita memiliki 2 dhcp server, kita dapat menentukan mana prioritas gateway yang akan kita gunakan. 

Oke parameter diatas adalah beberapa parameter yang dapat kita konfigurasikan apabila kita ingin menggunakan address dari DHCP server. Untuk konfigurasinya sendiri, agar kita dapat terhubung ke internet, yang intinya adalah sebagai berikut. 
/ip dhcp-client
add interface=ether1 disabled=no add-default-route=yes use-peer-dns=yes use-peer-ntp=yes
Konfigurasi tersebut adalah konfigurasi familiar yang ditambahkan apabila kita ingin menggunakan DHCP server sebagai gateway untuk menuju ke internet. 

Share this

0 Comment to "DHCP Client "