Thursday, 14 September 2017

ARP Protocol

Assalamualaikum, 

Pada kali ini saya akan kembali membahas sebuah materi yang bisa dibilang merupakan materi basic dan materi yang akan saya bahas adalah materi mengenai ARP Table.

Oke sebelum belajar mengenai ARP Table, lebih baik kita mengenal terlebih dahulu apa itu protocol ARP. Lalu apa sih protocol ARP itu? 


Protocol ARP merupakan sebuah protocol yang berfungsi untuk mencari tahu mac address dari sebuah host yang sudah terdaftar dalam sebuah jaringan dengan menggunakan perantara ip address. Jadi protocol ARP ini bekerja sama antara layer 2 dan juga layer 3 untuk mencari seluruh informasi yang nantinya akan dibutuhkan dalam jaringan tersebut. 

Untuk informasi mengenai ARP yang ada di dalam jaringan kita sendiri, apabila pada mikrotik, akan tersimpan di dalam ARP table. ARP table juga bisa dianggap sebagai ARP cache dikarenakan seluruh informasi yang berkaitan dengan addressing entah itu ip address ataupun mac address, semua akan disimpan di ARP table. 

Lalu bagaimana caranya protocol ARP bekerja? 

Pertama tama, sebuah perangkat jaringan akan mengirimkan sebuah packet broadcast yang dikirimkan kepada seluruh client, yang bertujuan untuk meminta informasi dari mac address yang ada pada setiap client. Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, bahwa untuk mendapatkan informasi mac address yang ada pada client, maka client tersebut harus terhubung terlebih dahulu dengan jaringan yang sudah kita miliki. 

Apabila client sudah menerima packet tersebut, maka client akan memeriksa packet tersebut, dan apabila diperbolehkan, maka client tersebut akan mengirimkan informasi mengenai mac address yang dia miliki. 

Jika sudah seperti itu, router  yang menerima packet tersebut akan segera memasukkan informasi yang dikirim dari client tersebut, untuk didaftarkan ke dalam ARP table. ARP table inilah yang berisi kumpulan mac address beserta ip address yang digunakan oleh setiap host. 

Untuk ARP table ini sendiri bersifat dinamis. Ataupun dalam artian, apabila ada mac address dan ip address yang berubah dari sebuah client, maka ARP tersebut akan segera di update untuk mendapatkan informasi yang terbaru. 

Share this

0 Comment to "ARP Protocol"