Monday, 17 July 2017

Skema Komunikasi DHCP

Assalamualaikum, 

Setelah tidak lama ngepost, sekarang saya kembali lagi hehehe. Pada kali ini saya akan membahas materi mengenai bagaimana client bisa mendapatkan DHCP address dari server.

Ada salah kaprah dimana ada anggapan bahwa server membagikan address kepada client, dan apabila anda tau, bahwa anggapan tersebut adalah salah. Mengapa seperti itu? Hal ini dikarenakan pada dasarnya, server tidak membagikan address. Lalu bagaimana prosesnya? Prosesnya sebagai berikut.

1. DHCP Discovery
Di dalam sebuah jaringan yang terdapat DHCP Server, sebenarnya DHCP Server akan standby untuk menunggu request dari client kepada server. Dalam hal ini, client akan memasuki masa DHCP Discovery dimana client akan mengirimkan broadcast packet setiap interface yang dimilikinya. Broadcast yang dikirimkan tersebut merupakan broadcast untuk meminta ip address.

2. DHCP Offer
Setelah client melakukan pengecekan, apabila diterima oleh DHCP Server dan membaca request tersebut, maka DHCP server akan menawarkan address kepada client. Apakah client tersebut ingin address dari DHCP server?

3. DHCP Request
Jika sudah ditawarkan address oleh server, maka client akan melakukan request kepada server untuk mendapatkan address yang sebelumnya sudah ditawarkan.

4. DHCP Acknowledgement
Setelah server menerima DHCP Request dari client, maka DHCP server akan segera mengirimkan informasi mengenai address yang nantinya akan didapatkan oleh client, dan server akan mendaftarkan address yang diberikan kepada client tersebut pada DHCP Lease yang dimiliki oleh server.

Share this

0 Comment to "Skema Komunikasi DHCP"