Thursday, 11 May 2017

OSPF Filtering Route Administrative Distance

Assalamualaikum, 

Pada kali ini saya akan melanjutkan materi selanjutnya dimana sebelumya saya sudah memposting materi mengenai Filtering Route Access List, dan pada kali ini saya akan membahas mengenai Filtering Route Administrative Distance. 


Untuk filtering route administrative distance sendiri, nantinya akan ada beberapa route yang memiliki administrative distance sesusai dengan apa yang kita kehendaki. 

Oke langsung saja, berikut topologi yang akan saya gunakan. 

Topologi


Konfigurasi

Untuk konfigurasinya, saya akan menggunakan konfigurasi yang ada pada lab sebelumnya, jadi pada lab ini kita tinggal menambahkan konfigurasi untuk merubah admiministrative distancenya saja. Namun sebelum itu, remove terlebih dahulu konfigurasi yang pada lab sebelumnya sudah kita konfigurasikan. 

Router2
R2(config)#router os 2
R2(config-router)#no distri 1 in
R2(config-router)#ex
Lalu pastikan bahwa route nya sudah utuh kembali. 

Router2


Jika sudah, selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi untuk merubah administrative distancenya. Perlu diketahui sebelumnya, bahwa Administrative distance yang digunakan oleh OSPF adalah 110. Dan sesuai dengan peraturan dalam administrative distance, bahwa apabila ada route yang memiliki AD 255, maka route tersebut tidak akan dianggap. Maka dari itu, kita akan merubah salah satu route agar memiliki AD 255. Konfigurasikan pada R2. 

Router2
R2(config)#acc 2 per 10.10.10.2
Berdasarkan konfigurasi tersebut, kita mendefinisikan address yang nantinya akan kita rubah administrative distancenya. Sekarang definisikan access list tersebut pada routing OSPF.

Router2
R2(config)#router os 2
R2(config-router)#distance 255 0.0.0.0 255.255.255.255 2
R2(config-router)#ex
Konfigurasi diatas ditambahkan untuk mendefinisikan untuk melakukan konfigurasi untuk merubah distance pada route yang sebelumnya sudah kita definisikan pada access list 2. Apabila sudah, lakukan verifikasi. 

Router2


Berdasarkan verifikasi tersebut, terlihat bahwa address 10.10.10.2 sekarang sudah tidak terdaftar lagi pada routing table yang dimiliki oleh R2. 

Share this

0 Comment to "OSPF Filtering Route Administrative Distance"