Thursday, 11 May 2017

OSPF Filtering External Route

Assalamualaikum,

Pada kali ini saya akan melanjutkan materi kembali, dan materi yang akan dibahas pada lab ini adalah Filtering External Route.


Seperti yang kita ketahui sebelumnya, dalam jaringan berskala sedang hingga besar, tentunya tidak hanya satu routing protocol yang akan digunakan, akan tetapi tentunya akan ada banyak routing protocol yang digunakan.

Dalam hal ini, tentunya OSPF akan mempelajari routing protocol lainnya agar nantinya semua device yang ada pada dalam jaringan tersebut dapat saling terhubung, dan OSPF akan mendeteksinya sebagai External route. External route sendiri di dalam routing protocol merupakan route yang sudah di redistribute oleh routing protocol yang digunakan.

Oke langsung saja, berikut topologi yang akan digunakan.

Topologi


Konfigurasi

Untuk konfigurasinya, gunakan konfigurasi yang ada pada lab sebelumnya. Lalu selanjutnya, dikarenakan pada konfigurasi lab yang sebelumnya terdapat prefix filter dan juga perubahan AD terhadap beberapa route, maka kembalikan terlebih dahulu route yang sudah di filter.

Router2
R2(config)#router os 2
R2(config-router)#no distri pref SMK1 in
R2(config-router)#no distance 255 0.0.0.0 255.255.255.255 2
R2(config-router)#ex
Lalu pastikan terlebih dahulu bahwa route yang di filter sudah ada lagi di routing table yang dimiliki oleh R2.

Router2


Oke jika sudah, sekarang kita akan membuat agar address tersebut agar di menjadi external route. Bagaimana caranya? Kita hapus terlebih dahulu konfigurasi untuk mengadvertise network tersebut pada routing ospf. 

Router1
R1(config)#router os 1
R1(config-router)#no net 10.10.10.0 0.0.0.255 area 1
R1(config-router)#ex
Jika sudah, sekarang konfigurasikan redistribute connected pada OSPF. 

Router1
R1(config)#router os 1
R1(config-router)#redis con sub
R1(config-router)#ex

Lalu selanjutnya, lakukan verifikasi route pada R2. 

Router2


Maka akan terlihat network tersebut menjadi external route pada R2. Oke sekarang kita akan membatasi external route yang akan di advertise oleh R1. Kita akan coba untuk membatasi sehingga nantinya hanya ada 3 external route yang diperbolehkan masuk ke routing table yang dimiliki oleh R2 dan R3. 

Router1
R1(config)#router os 1
R1(config-router)#redis max 3 60
R1(config-router)#ex
Berdasarkan konfigurasi diatas, kita mendefinisikan bahwa route yang di redistribute, hanya diizinkan 3 route saja, sehingga nantinya pada router lainnya hanya ada 3 external route. Coba lakukan verifikasi. 

Router2


Berdasarkan verifikasi tersebut, maka terlihat bahwa external route yang dimiliki oleh router lainnya hanya ada 3 saja. 

Oke sekian, Wassalamualaikum. 

Share this

0 Comment to "OSPF Filtering External Route"