Thursday, 4 May 2017

EIGRP Redistribute RIP

Assalamualaikum,

Pada kali ini saya akan melanjutkan materi EIGRP, dan materi pada kali ini adalah materi mengenai redistribute. 


Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa redistribute digunakan pada sebuah routing agar dapat mempelajari routing lainnya. Hal ini digunakan pada EIGRP, agar dapat mempelajari routing tersebut. Jadi antar routing dapat saling terhubung. Pada lab ini, saya akan membahas cara redistribute RIP pada routing EIGRP. 

Oke langsung saja, berikut topologi yang akan digunakan. 

Topologi


Konfigurasi

Untuk konfigurasi dasar, gunakan yang ada pada lab lab sebelumnya. Jika sudah, kita akan menggunakan interface loopback yang nantinya akan menggunakan routing rip yang akan di redistribute pada EIGRP. 

Router1
R1(config)#int lo1
R1(config-if)#
*May  2 13:58:04.599: %LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface Loopback1, changed state to up   
R1(config-if)#ip addr 10.10.10.10 255.255.255.240
R1(config-if)#ex

Jika sudah, sekarang kita akan membuat agar loopback tersebut di advertise dengan menggunakan routing RIP. 

Router1
R1(config)#router ri
R1(config-router)#ver 2
R1(config-router)#net 10.10.10.10
R1(config-router)#no aut
R1(config-router)#ex
Oke selanjutnya, apabila sudah seperti ini, apakah loopback tersebut sudah terdaftar pada routing table yang dimiliki oleh router lainnya? Tentu saja belum, dikarenakan routing tersebut menggunakan protocol yang berbeda dalam mengirimkan suatu update. Oleh karena itu, kita akan melakukan redistribute routing EIGRP tersebut. 

Router1
R1(config)#router ei 1
R1(config-router)#redis ri met 1 1 1 1 1
R1(config-router)#e
Berdasarkan konfigurasi diatas, pada konfigurasi routing EIGRP, kita mendefinisikan routing tersebut untuk melakukan redistribute terhadap routing RIP. Untuk metricnya, sebenernya dapat kita atur berdasarkan delay, bandwith, dan lain lain, akan tetapi kalaupun kita menggunakan 1 1 1 1 1 juga sudah cukupp, dikarenakan tidak akan terjadi perubahan yang signifikan. Jika sudah, lakukan verifikasi. 


Berdasarkan hasil verifikasi tersebut, dapat diketahui bahwa router lainnya sudah memiliki route untuk menuju ke address tersebut, walaupun di advertise menggunakan routing yang berbeda. 

Oke sekian, Wassalamualaikum. 

Share this

0 Comment to "EIGRP Redistribute RIP"