Wednesday, 3 May 2017

EIGRP Modify Administrative Distance

Assalamualaikum,

Pada kali ini saya masih akan share materi mengenai EIGRP, dan materi EIGRP yang akan saya bahas pada kali ini adalah materi mengenai cara merubah administrative distance yang digunakan pada routing EIGRP. 


Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa administrative distance yang digunakan pada setiap routing protocol itu berbeda beda. Untuk EIGRP sendiri, menggunakan administrative distance dengan value 90. 

Administrative distance juga digunakan untuk menentukan routing mana yang akan dipilih apabila ada 2 routing yang bisa digunakan untuk menuju suatu tujuan. Untuk menentukan mana routing yang akan dipilih, maka akan digunakan administrative distance dengan value yang lebih kecil. 

Oke, langsung saja, berikut topologi yang akan digunakan. 

Topologi 


Konfigurasi

Untuk konfigurasi, anda dapat menggunakan konfigurasi yang ada pada lab sebelumnya. Oke langsung saja, konfigurasikan access list terlebih dahulu.

Router3

R3(config)#acc 2 per 1.1.1.1
Pada Router3, access list ditambahkan untuk mendefinisikan address yang nantinya akan dirubah administrative distancenya. Jika sudah, definisikan pada routing EIGRP. 

Router3
R3(config)#router ei 1
R3(config-router)#distance 29 0.0.0.0 255.255.255.255 2
R3(config-router)#ex
Berdasarkan konfigurasi diatas, kita mendefinisikan bahwa "Untuk routing EIGRP AS1, apabila ada address yang ada di dalam access list 2, maka rubah distance yang ada pada access list tersebut, agar memiliki distance 29." Jika sudah, lakukan verifikasi. 


Berdasarkan verifikasi tersebut, kita melihat route untuk address 1.1.1.1 secara lebih spesifik. Terlihat untuk address tersebut, terdaftar di dalam EIGRP dengan AS 1, dan juga dengan menggunakan distance 29. Apabila sudah seperti ini, maka sudah berhasil untuk merubah distance yang ada. 

Oke sekian dari saya, Wassalamualaikum. 

Share this

0 Comment to "EIGRP Modify Administrative Distance"