Saturday, 6 May 2017

EIGRP Mindah jalur (Delay)

Assalamualaikum,

Pada kali ini saya akan melanjutkan materi yang selanjutnya mengenai EIGRP. Pada lab kali ini, akan dibahas bagaimana cara memindahkan jalur yang digunakan oleh EIGRP.


Untuk pemindahan jalur sendiri, dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu sebagai berikut.
  • Delay
Dengan menggunakan delay, maka jalur yang ada pada sebuah interface akan dirubah delaynya. Delay terkecil akan dipilih menjadi jalur utama.
  • Bandwith
Dengan menggunakan bandwith, maka jalur yang ada pada sebuah interface akan dirubah bandwithnya. Bandwith terbesar akan dipilih sebagai jalur utama. 
  • Offset-List
Dengan menggunakan offset-list, kita menentukan delay untuk digunakan pada sebuah interface. 

Oke jika sudah, langsung saja berikut topologi yang akan digunakan. 

Topologi


Konfigurasi

Oke untuk konfigurasi, sekrang kita akan melakukan konfigurasi untuk menerapkan delay pada suatu jalur. Pertama lakukan pengecekan delay pada suatu jalur terlebih dahulu. 


Oke seperti yang terlihat, delay pada jalur terlihat berbeda. Sekarang coba traceroute untuk melihat jalur yang digunakan.


Maka akan terlihat jalur yang digunakan adalah jalur 13.13.13.3 dikarenakan jalur 13.13.13.3 memiliki delay yang lebih kecil. Oke sekarang konfigurasikan delay pada interface 13.13.13.3 tersebut.

Router1
R1(config)#int g0/0
R1(config-if)#delay 10000
R1(config-if)#ex
Jika sudah, lakukan verifikasi jalur yang sudah dirubah delaynya. 


Terlihat bahwa delay yang ada sudah dirubah. Lalu selanjutnya lihat jalur yang digunakan oleh address 3.3.3.3.


Apabila kita melihat route yang digunakan untuk menuju ke 3.3.3.3, maka akan terlihat jalur 12.12.12.2 yang akan digunakan. 


Berdasarkan hasil verifikasi tersebut, maka akan terlihat bahwa jalur yang digunakan adalah jalur dengan delay yang lebih rendah, yaitu jalur yang ada pada address 12.12.12.2.

Oke sekian, Wassalamualaikum. 

Share this

0 Comment to "EIGRP Mindah jalur (Delay)"