Monday, 8 May 2017

EIGRP Mindah Jalur (Bandwith)

Assalamualaikum,

Pada kali ini saya akan melanjutkan materi sebelumnya yaitu mengenai mindah jalur. Pada artikel saya sebelumnya, saya sudah membahas mengenai EIGRP Mindah jalur dengan menggunakan delay. Dan pada kali ini saya akan menggunakan bandwith sebagai kriteria untuk pemindahan jalur.


Oke langsung saja, berikut topologi yang saya gunakan. 

Topologi


Konfigurasi

Untuk konfigurasi, saya akan menggunakan konfigurasi yang ada pada sebelumhya dimana pada lab tersebut, delay digunakan sebagai patokan untuk memindah jalur. Oleh karena itu kita harus mengembalikan konfigurasi yang ada pada lab sebelumnya seperti semua kembali. 

Router1
R1(config)#int g0/0
R1(config-if)#no delay 10000
R1(config-if)#ex
Jika sudah, sekarang kita cek apakah sudah kembali seperti semula atau belum.


Seperti yang terlihat, bahwa jalur sudah kembali seperti semula kembali. Oke sekarang konfigurasikan bandwith yang ada pada interface g0/0.

Router1
R1(config)#int g0/0
R1(config-if)#band 5000 
R1(config-if)#ex\
Oke apabila sudah, sekarang lakukan verifikasi ip 3.3.3.3.


Seperti yang terlihat, bahwa jalur sudah di konfigurasikan. Untuk pemilihan jalur nantinya, router akan memilih jalur berdasarkan bandwith yang terbesar. Coba lakukan verifikasi traceroute. 


Berdasarkan verifikasi tersebut, maka terlihat bahwa jalur yang sudah kita konfigurasikan tadi tidak digunakan, hal ini dikarenakan jalur tersebut memiliki bandwith yang kecil dibanding yang lainnya. 

Oke sekian, Wassalamualaikum. 

Share this

0 Comment to "EIGRP Mindah Jalur (Bandwith)"