Wednesday, 3 May 2017

EIGRP Leak Map

Assalamualaikum, 

Pada kali ini saya akan melanjutkan materi CCIE, dan untuk materi yang akan dibahas pada lab kali ini adalah materi Leak map. Leak map sendiri, merupakan sebuah cara yang digunakan dalam sebuah routing protocol yang digunakan untuk mengklasifikasikan beberapa address. Dalam hal ini, bisa mengelompokkan beberapa address untuk dibatasi untuk tidak di advertise, dan lain lain. 


Oke langsung saja, berikut topologi yang akan digunakan di dalam lab ini. 

Topologi


Konfigurasi

Untuk konfigurasi, kita dapat menggunakan konfigurasi yang ada pada lab sebelumnya yaitu pada lab EIGRP Summarization. Pada lab EIGRP summarization, saya melakukan summary terhadap network 10.0.0.0. Berikut hasil verifikasi yang saya dapatkan pada lab yang ada sebelumnya. 


Seperti yang terlihat pada hasil verifikasi diatas, network 10.0.0.0 memiliki netmask /29 dimana di dalam /29 tersebut, terdapat beberapa address, dan /29 merupakan hasil summarynya. Oke apabila ada suatu kasus dimana kita hanya ingin memperbolehkan 2-3 address yang terdaftar "diluar" dari hasil summarization tadi, maka kita harus menggunakan leakmap. Oke langsung saja konfigurasi access list terlebih dahulu. 

Router3
R3(config)#acc 1 per 10.0.0.2 0.0.0.0
R3(config)#acc 1 per 10.0.0.3 0.0.0.0
R3(config)#acc 1 per 10.0.0.7 0.0.0.0

Konfigurasi access list sendiri, digunakan untuk mendefinisikan beberapa address yang kita kehendaki untuk dikeluarkan dari summay yang sudah dibuat tadi. Jadi nantinya, address tersebut akan berada diluar dari hasil summary. 

Oke selanjutnya konfigurasikan leakmap. 

Router3
R3(config)#route-m LEAK per 10
R3(config-route-map)#match ip address 1
R3(config-route-map)#ex

Berdasarkan konfigurasi diatas, kita harus membuat terlebih dahulu route-map pada router tersebut. Untuk route-map yang digunakan, saya menggunakan route-map dengan nama LEAK. Selanjutnya, ketika berada di dalam konfigurasi routemap, kita harus mendefinisikan access list yang sudah kita buat sebelumnya. 

Jika sudah, definisikan route-map yang sudah dibuat tadi ke dalam interface. 

Router3
R3(config)#int g0/0
R3(config-if)#ip summary-address ei 1 10.0.0.0 255.255.255.248 leak-m LEAK
R3(config-if)#ex

Konfigurasi diatas berfungsi untuk mendefinisikan bahwa ada beberapa address di dalam grup LEAK yang ingin dikeluarkan dari summary address yang sudah ada sebelumnya. Kurang lebihnya seperti itu bagaimana router tersebut mendefinisikan leakmap yang sudah dibuat. 

Jika sudah, maka akan ada notifikasi seperti berikut. 
R3(config)#
*Apr 26 22:48:41.443: %DUAL-5-NBRCHANGE: EIGRP-IPv4 1: Neighbor 23.23.23.2 (GigabitEthernet0/0) is resync: summary configured
Notifikasi tersebut menandakan bahwa interface yang terhubung ke EIGRP Neighbor, di sinkronkan ulang, dimana proses sinkronisasi ini digunakan untuk merefresh summary yang sudah ada sebelumnya. Jika sudah, lakukan verifikasi. 



Berdasarkan hasil verifikasi tersebut, route yang sudah kita definisikan ke dalam routemap yang sudah dibuat tadi, sekarang sudah keluar dari summary yang dilakukan untuk network yang dimilikinya. 

Oke sekian dari saya, Wassalamualaikum.

Share this

0 Comment to "EIGRP Leak Map"