Tuesday, 2 May 2017

EIGRP Konfigurasi Dasar

Assalamualaikum, 

Pada kali ini, saya akan share materi dimana untuk materi routing sendiri, lebih mendalam dibahas di CCNP dan juga CCIE. Untuk routing yang akan saya bahas pada kali ini adalah routing EIGRP dimana EIGRP sendiri merupakan routing yang hanya dimiliki oleh router cisco. Jadi perangkat lainnya tidak dapat menggunakan routing ini. 


Untuk lab kali ini, merupakan konfigurasi dasar bagaimana cara beberapa router dapat terhubung satu sama lainnya. Lab ini juga akan menjadi dasar untuk melanjutkan ke lab lab selanjutnya. Oke langsung saja, berikut topologi yang akan saya gunakan.

Topologi


Konfigurasi

Untuk konfigurasi, tentunya harus melakukan konfigurasi agar setiap router dapat terhubung ke router yang directly connected dengan dirinya. Jika sudah, tambahkan routing EIGRP kepada setiap router. 

Router 1

R1(config)#router ei 1
R1(config-router)#net 12.12.12.0
R1(config-router)#net 1.1.1.1
R1(config-router)#no aut
R1(config-router)#ex
Router 2
R2(config)#router ei 1
R2(config-router)#net 12.12.12.0
R2(config-router)#
*Apr 26 22:26:33.403: %DUAL-5-NBRCHANGE: EIGRP-IPv4 1: Neighbor 12.12.12.1 (GigabitEthernet0/0) is up: new adjacency
R2(config-router)#net 23.23.23.0
R2(config-router)#net 2.2.2.2
R2(config-router)#no aut
R2(config-router)#ex
Router 3 
R3(config)#router ei 1
R3(config-router)#net 23.23.23.0
R3(config-router)#net 3.3.3.3
*Apr 26 22:27:15.475: %DUAL-5-NBRCHANGE: EIGRP-IPv4 1: Neighbor 23.23.23.2 (GigabitEthernet0/0) is up: new adjacency
R3(config-router)#no aut
R3(config-router)#ex
Berdasarkan konfigurasi diatas, itu merupakan sebuah cara untuk menggunakan routing EIGRP pada router. Konfigurasi diatas, mendefinisikan address yang akan di advertise menggunakan EIGRP.

Selain cara diatas, kita juga bisa mendefinisikan network yang akan di advertise secara classfull, jadi kita juga bisa mendefinisikan netmask yang digunakan oleh network tersebut. Namun apabila hanya ingin mengadvertise dengan networknya saja tanpa netmask juga tidak apa apa, dan itu termasuk ke dalam classless.

Lalu seperti yang terlihat pada konfigurasi diatas, terlihat ada tulisan new adjacency, hal itu menandakan bahwa ada hubungan EIGRP baru yang diterima oleh router yang kita miliki. Lalu coba untuk melakukan verifikasi.

Router 1


Router 2


Router 3


Berdasarkan verifikasi diatas, sudah terlihat bahwa seluruh router sudah memiliki jalur yang akan digunakan untuk mencapai tujuan. Tujuan dalam hal ini, merupakan network dari bagian yang sudah berbeda network. 

Untuk routing yang dimiiliki oleh EIGRP sendiri, memiliki code D yang berada di dalam setiap router. Hal ini menandakan bahwa jalur tersebut didapatkan dengan routing EIGRP. 

Selain itu juga, kita dapat melakukan verifikasi lainnya, seperti contoh sebagai berikut. 


Verifikasi dengan menggunakan do show ip eigrp 1 neighbor akan mendefinisikan bahwa router tersebut sudah memiliki neighbor yang sama sama menggunakan routing eigrp. Namun perlu diingat, bahwa neighbor dapat di deteksi apabila sebuah router dengan router lain yang menggunakan routing EIGRP, berada dalam posisi directy connected. Jadi kalau nisalkan pada R1 ingin mendetect neighbor yang menggunakan EIGRP, harus dalam keadaan dicetly connected.

Oke lalu lakukan verifikasi ping.



Berdasarkan hasil verifikasi diatas, terlihat bahwa router sudah dapat saling melakukan ping ke router lainnya.

Oke sekian dari saya, Wassalamualaikum.

Share this

0 Comment to "EIGRP Konfigurasi Dasar"