Wednesday, 3 May 2017

EIGRP Filter Route OUT

Assalamualaikum, 

Pada kali ini saya akan share materi dan masih dalam EIGRP, dan materi yang akan saya bahas pada lab ini adalah mengenai filter route out. Pada sebelumnya, saya sudah membahas mengenai materi Filter Route In, dan pada postingan kali ini akan melanjutkan materi route filter tersebut. 


Pada lab Filter Route In, dibahas tentang apabila ada route yang masuk ke sebuah router, maka router tersebut akan ditolak oleh router. Dan pada lab kali ini, akan dibahas mengenai materi Filter Route Out dimana filter tersebut digunakan untuk melakukan filtering terhadap route yang akan di advertise. Jadi tidak keseluruhan route yang ada di advertise, semua tergantung admin jaringan. 

Oke langsung saja, berikut topologi yang akan digunakan. 

Topologi


Konfigurasi

Untuk konfigurasi, saya hanya akan membahas mengenai konfigurasi yang digunakan untuk menfilter sebuah route yang akan di advertise. Jadi anda dapat melihat postingan saya yang sebelumnya untuk melanjutkan ke materi ini. Sebelum konfigurasi, lihat terlebih dahulu routing table yang ada pada router yang akan digunakan untuk verifikasi. 


Oke terlihat ada beberapa route, dan yang akan saya gunakan pada lab kali ini adalah address 2.2.2.2. Jdi nantinya, Router2 tidak akan mengizinkan bahwa loopback yang ada pada dirinya di advertise. Jadi nanti Router lainnya yang berada pada interface yang di filter oleh R2, tidak akan mendapatkan advertise network tersebut dari R2. 

Oke langsung saja konfigurasikan R2. 

Router2
R2(config)#acc 1 den 2.2.2.2
R2(config)#acc 1 per an
Sama seperti lab sebelumnya, kita harus mendefinisikan network yang mau di filter ke dalam access list. Jika sudah, selanjutnya konfigurasikan filter in. 

Router2
R2(config)#router ei 1
R2(config-router)#distri 1 out g0/0
R2(config-router)#ex
Berdasarkan konfigurasi diatas, kita melakukan konfigurasi pada routing EIGRP untuk mendefinisikan bahwa apabila ada packet EIGRP yang keluar dengan menggunakan interface g0/0, maka gunakan access list 1 sebagai action yang ingin dijalankan. 

Dalam hal ini, access list yang berada pada R2 mendefinisikan bahwa network 2.2.2.2 ditolak. Jadi nantinya EIGRP juga akan menjalankan bahwa apabila ada packet eigrp yang keluar dengan address 2.2.2.2, maka address tersebut akan ditolak. Jika sudah, lakukan verifikasi. 


Berdasarkan hasil verifikasi diatas, pada R1 tidak terlihat address 2.2.2.2. Hal ini dikarenakan pada R2, menolak untuk mengirimkan packet eigrp yang berisi route 2.2.2.2 kepada interface g0/0. Coba lakukan verifikasi pada R3. 


Pada Router3, terlihat ada address 2.2.2.2. Hal ini dikarenakan pada saat kita mendefinisikan interface, kita hanya mendefinisikan interface yang mengarah kepada Router1 saja. Sehingga pada Router3, tidak akan terkena oleh rule yang dipasangkan pada interface g0/0.

Oke sekian dari saya, Wassalamualaikum. 

Share this

0 Comment to "EIGRP Filter Route OUT"