Wednesday, 3 May 2017

EIGRP Filter Route IN

Assalamualaikum,

Sekarang pada jam 00:31 masih aja ngeblog untuk ngejar materi hehehe. Untuk materi yang akan dibahas pada kali ini masih sama dengan postingan saya yang sebelum sebelumnya, yaitu masih berkaitan dengan EIGRP. 


Untuk materi EIGRP pada lab ini yaitu mengenai filter IN. Untuk filter in sendiri, merupakan sebuah cara yang digunakan untuk membatasi adanya route yang tidak kita kehendaki untuk masuk ke router kita. Dalam hal ini, biasanya mungkin route dari local yang tidak ingin kita masukkan ke dalam routing table yang kita miliki. 

Oke langsung saja, berikut topologi yang digunakan. 

Topologi



Konfigurasi


Untuk konfigurasi dasar, kita dapat menggunakan konfigurasi yang ada pada lab sebelum sebelumnya. Lalu untuk konfigurasi filter, kita tambahkan pada R1 agar nantinya R1 tidak menerima route 10.0.0.0 yang dikirimkan oleh R3. Sebelumnya, lakukan verifikasi terhadap routing table yang ada terlebih dahulu. 




Oke seperti yang terlihat pada routing table diatas, terlihat bahwa ada route dari 10.0.0.0. Dan pada lab kali ini, kita akan melakukan filter terhadap network tersebut agar nantinya, network tersebut tidak ada pada routing table yang dimiliki oleh R1. Oke langsung saja konfigurasi. 

Router1
R1(config)#acc 1 den 10.0.0.0
R1(config)#acc 1 per an
Pertama tama yang harus ditambahkan adalah access list untuk network tersebut. Access list disini digunakan untuk mendefinisikan network yang akan di tolak. Jika sudah, definisikan access list tersebut. 

Router1
R1(config)#router ei 1
R1(config-router)#distri 1 in g0/0
R1(config-router)#ex
Konfigurasi diatas mendefinsikan bahwa ada routing eigrp dengan AS1, yang mengirimkan update eigrp ke dalam router melalui interface g0/0, maka gunakan access list 1 untuk mendefinisikan perintah yang akan di eksekusi. Jadi nantinya routing EIGRP akan menerapkan access list yang sudah dibuat tadi pada interface g0/0, yang menjalankan routing EIGRP. 

Jika sudah, lakukan verifikasi. 


Mengapa masih ada network dengan 10.0.0? Hal ini dikarenakan sebelumnya kita sudah menggunakan routemap. Pada route map tersebut, ada beberapa route yang dikeluarkan dari summary. Jadi ketika ada route dari 10.0.0, selain yang sudah di definisikan pada route map, maka akan ditolak. 

Oke sekian dari saya, Wassalamualaikum. 

Share this

0 Comment to "EIGRP Filter Route IN"