Saturday, 13 May 2017

BGP Next-hop Self

Assalamualaikum, 

Pada kali ini saya akan melanjutkan materi selanjutnya, dan materi yang akan saya bahas pada kali ini adalah materi mengenai Next Hop Self. 


Seperti apa itu next hop self? Bisa download dari ebook yang saya buat aja ya hehehe. Oke, sekarang langsung saja, berikut topologi yang akan digunakan.

Topologi


Konfigurasi

Oke untuk konfigurasi, kita dapat menggunakan konfigurasi yang ada pada artikel BGP Peering. Pada artikel tersebut, mungkin ada yang bingung, kenapa pas verifikasi, pas di ping address loopbacknya ada beberapa yang ga bisa. Mengapa bisa seperti itu? Hal ini dikarenakan kita tidak mengaktifkan fitur next hop self. 

Untuk penjelasannya, sama seperti yang saya bilang tadi, lihat di modul aja hehehe. Oke sekarang kita langsung saja konfigurasikan next hop self. Sebelumnya lakukan verifikasi terlebih dahulu pada R1.

Router1


Terlihat pada verifikasi diatas, pada network 3.3.3.3 tidak terdapat tanda > . Hal ini menandakan bahwa network tersebut unreachable. Dan juga terlihat nexthop yang digunakan tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, kita harus mengkonfigurasikan nexthop self pada R2. 

Router2
R2(config)#router bg 12
R2(config-router)#nei 12.12.12.1 next-hop-self
R2(config-router)#ex
Oke jika sudah, lakukan verifikasi terhadap bgp table yang dimiliki oleh R1. 

Router1

Maka akan terlihat bahwa sudah ada tanda > yang menandakan sudah reachable. Terlihat juga bahwa next hop yang digunakan oleh R1 untuk menuju ke R3 sudah berubah. 

Share this

0 Comment to "BGP Next-hop Self"