Monday, 15 May 2017

BGP Community No-Advertise

Assalamualaikum,

Pada kali ini saya akan kembali melanjutkan postingan blog saya yang sebelumnya, dimana sebelumnya saya sudah memposting materi mengenai Community no-export, dan sekarang saya akan membahas mengenai Community no-advertise.

Dalam Community No-export tadi, diketahui bahwa route yang telah di tentunkan tidak akan di advertise ke AS yang berbeda. Sedangkan untuk Community No-Advertise, nantinya route yang telah di tentukan, tidak akan di advertise ke siapa siapa walaupun kita sudah mendaftarkan route tersebut untuk di advertise oleh BGP.

Oke langsung saja, berikut topologi yang akan digunakan.

Topologi


Konfigurasi

Untuk konfigurasinya, gunakan konfigurasi yang ada pada artikel BGP Community No-Export. Lalu tentunya kita harus menambahkan konfigurasi untuk route yang tidak akan di advertise. Oke langsung saja, kita harus mendefinisikan terlebih dahulu route yang tidak akan di advertise ke dalam access list dan juga route-map.

Router3
R3(config)#acc 1 per host 33.33.33.33
R3(config)#route-map no-advertise
R3(config-route-map)#match ip address 1
R3(config-route-map)#set commu no-advertise
R3(config-route-map)#ex
Dalam hal ini, yang tidak akan kita advertise adalah address 33.33.33.33. Jika sudah, kita harus mendefinisikan route-map tersebut ke dalam routing BGP.

Router3
R3(config)#router bg 123
R3(config-router)#nei 2.2.2.2 route-map no-advertise out
R3(config-router)#nei 2.2.2.2 send-commu
R3(config-router)#ex
Jika sudah, sekarang lakukan verifikasi.

Router1
 

Terlihat pada router 1 tidak ditemukan lagi address dari R3. Oke, sekarang kita lakukan verifikasi address 33.33.33.33 pada R2. 

Router2
 

Maka akan terlihat community yang di set untuk address tersebut adalah community no-advertise.

Share this

0 Comment to "BGP Community No-Advertise"