Sunday, 16 April 2017

What is MPLS?

Assalamualaikum, 

Pada kali ini, saya akan membahas mengenai MPLS. Lalu apa itu MPLS? Multi protocol label switching sendiri merupakan sebuah protocol pada jaringan backbone yang memadukan kelebihan dari circuit-switched dan juga packet-switched sehingga melahirkan adanya teknologi yang lebih baik dari keduanya. 


Seperti yang kita ketahui sebelumnya, circuit-switched juga biasa disebut switching akan memanfaatkan layer 2 sebagai pengiriman suatu data. Sedangkan packet-switched akan mendefinisikan sebuah network yang menggunakan metode dengan memanfaatkan route dan juga berdasarkan address tujuan. 

Dari kedua metode tersebut, lahirlah sebuah metode baru yang menggabungkan kecepatan pada layer2 dan juga layer3 yang akan memanfaatkan label sebagai hasil dari penggabungan keduanya. 

MPLS akan bekerja dengan cara menyelipkan label diantara layer2 dan layer3, sebelum packet itu diteruskan. Dengan label yang dibuat ini, MPLS tidak membutuhkan adanya address dalam pengiriman packet, dan hanya membutuhkan label untuk mengetahui kemana packet itu akan dikirimkan. 


MPLS Header

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, MPLS menggabungkan kecepatan pada layer 2 dan juga layer3 sehingga menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi lagi. Dalam hal ini, MPLS juga sering kali disebut berada pada layer2.5 dikarenakan posisinya yang berada diantara layer2 dan juga layer3. 


Yang terlihat pada gambar diatas, merupakan header dari MPLS. Header MPLS sendiri terdiri dari 

Label (20 bits)
EXP (3 bits)
End of Stack (1 bit)
TTL (8 bits)

Label yang dibuat oleh MPLS, nantinya akan dimasukan ke dalam layer2 header yang ada pada device. Lalu bagaimana MPLS Bekerja? Dapat dilihat pada artikel How MPLS Works?.

Oke sampai sini aja, Wassalamualaikum. 

Share this

0 Comment to "What is MPLS?"