Monday, 17 April 2017

System Management - Alias Exec

Assalamualaikum, 

Pada kali ini, saya akan membahas sebuah fitur yang ada pada cisco, yaitu alias exec. Lalu apa itu alias exec? Alias exec adalah sebuah cara yang dapat digunakan untuk menyingkat sebuah perintah pada cisco. Dalam hal ini, tentunya akan membuat proses untuk melakukan konfigurasi sedikit lebih cepat dan tidak terlalu pegal karena konfigurasi yang cukup banyak hehehe. 


Namun dalam hal ini, kita tentnunya harus berhati hati dalam membuat suatu singkatan dikarenakaan bisa jadi ada command yang sama dengan command bawaan IOS tersebut. 

Lalu bagaimana cara alias exec bekerja? Alias exec bekerja apabila kita sudah menentukan sebuah singkatan yang akan digunakan untuk kumpulan command. Seperti misalkan kita ingin melihat konfigurasi pada router. Dalam hal ini tentunya kita akan menggunakan perintah sh run dikarenakan memang itukah cara untuk melihat konfigurasi yang sudah kita lakukan. 

Namun dengan adanya alias exec, kita dapat menentukan sebuah singkatan untuk command tersebut. Untuk cara membuatnya seperti berikut. 
Cisco(config)#alias exec sr sh run
Berdasarkan konfigurasi tersebut, kita menggunakan alias exec dikarenakan memang itu yang digunakan untuk merubah command. Lalu, pada baris selanjutnya adalah singkatan yang ingin kita masukkan untuk merubah command yang ada sebelumnya. Seperti yang saya bilang tadi, saya akan merubah command sh run, menjadi sr. Lalu coba lakukan verifikasi. 


Maka apabila kita coba akan berhasil. Lalu coba rubah kembali salah satu command. Seperti misalkan saya akan mempersingkat command show ip interface brief. 
Cisco(config)#alias exec sib show ip int br
Lalu lakukan verifikasi kembali terhadap command sib.



Maka akan terlihat bahwa command sudah berhasil di singkat.

Sekian, Wassalamualaikum.

Share this

0 Comment to "System Management - Alias Exec"