Saturday, 1 April 2017

Split Horizon Mikrotik

Assalamualaikum,


Pada kali ini, saya share materi mengenai split horizon yang ada pada mikrotik. Perlu diketahui sebelumnya, bahwa split horizon sendiri merupakan suatu cara yang diterapkan pada jaringan yang menggunakan lebih dari 1 VPLS untuk mencegah terjadinya looping pada jaringan tersebut.

Seperti sebuah contoh, ada sebuah jaringan yang menggunakan VPLS seperti berikut.


Lalu seperti yang terlihat pada jaringan tersebut, 3 buah router terhubung menggunakan pseudowire yang sudah dibuat dikarenakan menggunakan VPLS sebagai tunneling kepada router lainnya. Dan pada jaringan tersebut, tunneling yang bekerja pada setiap router tersebut dalam kondisi full mesh atau dalam artian ketiga router tersebut saling terhubung satu sama lainnya.

Lalu bagaimana cara kerja split horizon? split horizon akan bekerja pada interface bridge yang memiliki horizon. Apabila ada bridge yang memiliki nilai split horizon sama, maka packet yang berjalan di dalam jaringan tersebut, tidak akan dikirimkan. Dikarenakan memiliki nilai split horizon yang sama.

Lalu apa hubungannya untuk mencegah looping? Coba lihat jalur jalannya sebuah advertise yang dikirimkan oleh router client. Packet tersebut akan di advertise oleh router yang berada dalam MPLS Backbone. Lalu pada jaringan MPLS Backbone, ada router yang tidak melakukan advertise ke sebuah link. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki nilai split horizon yang sama, jadi packet tersebut tidak akan dikirimkan ke bridge yang memiliki split horizon yang sama.

Untuk konfigurasi sendiri, tentunya pastikan terlebih dahulu bahwa VPLS sudah tercipta antar router. jika sudah, maka dapat dilakukan dengan konfigurasi seperti berikut.
[admin@Mikrotik] > /interface bridge port
add bridge=tunnel interface=vpls1 horizon=1
Berdasarkan konfigurasi diatas, kita memberikan value split horizon kepada interface tunnel yang sudah ada. Lalu dengan seperti ini, maka apabila ada VPLS yang juga menggunakan horizon dengan value 1, maka router tersebut tidak akan mengadvertise ke router yang sama tadi. 

Share this

0 Comment to "Split Horizon Mikrotik"