Friday, 21 April 2017

Secure Socket Tunnel Protocol

Assalamualaikum,

Pada kali ini saya akan share mengenai teori dan juga konsep dari SSTP. Lalu apa itu SSTP?


SSTP (Secure Socket Tunneling Protocol) adalah sebuah tunneling yang dibuat untuk menjalankan mekanisme untuk mengangkut ppp frame di dalam SSL/TLS Channel. Dengan menggunakan SSL, akan memungkinkan packet yang akan dikirimkan tersebut, memiliki keamanan yang akan memungkinkan kedua perangkat jaringan melakukan negosiasi, enkripsi, dan juga pengecekan traffic. 

Dengan menggunakan SSTP, tentunya akan memiliki keamanan yang cukup terjamin. Untuk melakukan negosiasi sendiri, ada beberapa cara, dan cara yang utama yaitu dengan menggunakan sertifikat. Dengan adanya sertifikat, akan membuat jalur yang dimana kita berhubungan dengan device lainnya, akan lebih aman, dikarenakan adanya negosiasi yang digunakan untuk mensinkronkan keduanya. 

Untuk port yang digunakan SSTP, ia menggunakan protocol TCP dengan port 443 dimana port tersebut memiliki kemampuan untuk melewati proxy, dan juga firewall sekalipun, akan tetapi tidak dapat melewati proxy yang memiliki autentikasi. Apabila sebuah client ingin melakukan hubungan dengan server, maka akan diperlukan adanya autentikasi untuk berhubungan dengan server tersebut. Untuk menjalin sebuah hubungan sendiri, server dan juga client, akan melewati terlebih dahulu PPP Phase. Hal ini dikarenakan SSTP merupakan tunneling yang menggunakan PPP. 

Dengan digunakannya PPP, ini akan memungkinkan tunnel tersebut menggunakan autentikasi EAP-TLS dan juga MS-CHAP. Berdasarkan yang terlihat pada gambar diatas, gambar tersebut merupakan header dari SSTP sendiri. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa setiap protocol memiliki headernya masing masing. Dan gambar diatas merupakan header yang dimiliki oleh SSTP. Berikut penjelasannya. 

● Version (8 bit) 
Untuk version sendiri, merupakan header yang digunakan oleh SSTP untuk bernegosiasi antar perangkat untuk menggunakan versi SSTP berapa. 

● Reserver (7 Bit) 
Sedang disiapkan. 

● C 
Pada bagian tersebut, header akan menginformasikan mengenai packet apa yang sedang ia kirimkan. Entah itu control packet, ataupun data packet.

● Length 
Akan menginformasikan mengenai panjang dari packet itu sendiri. 

● Data 
Apabila C di set, maka packet tersebut merupakan control packet. Dalam kata lain, data akan berisikan mengenai packet yang akan dikirimkan. 

Control Message 


● Message Type 
Message type sendiri, akan mengidentifikasikan pesan apa yang dikirimkan. 

● Attribute Count 
Akan menentukan jumlah attribute yang di tambahkan ke dalam control message SSTP. 

● Attributes 
Akan berisikan mengenai Attribute yang digunakan oleh SSTP itu sendiri.

Share this

1 Comment to "Secure Socket Tunnel Protocol"