Friday, 14 April 2017

Route Distinguiser (RD) dan Route Target (RT)

Assalamualaikum,
 
Sebelumnya, kita telah membahas mengenai BGP Based VPLS. Akan tetapi ada konfigurasi yang tidak kita ketahui seperti route distinguisher, import-route-target, dan juga export route target. Lalu apakah mereka semua? Dan apa kegunaannya? Berikut penjelasannya.

1. Route distinguisher

Route distinguiser di dalam sebuah jaringan L2VPN dan juga L3VPN, dapat diartikan sebagai tunnel id yang ada di dalam jaringan tersebut. Route distinguisher akan dipadukan dengan IPv4 Prefix dengan rumus seperti berikut.
RD+IPv4 prefix=vpnv4 prefix
Dengan rumus tersebut, maka akan menghasilkan adanya vpnv4. VPNV4 ini akan membuat sebuah ip address menjadi uniqe. Dalam artian, ipv4 akan diganti dengan format yang berbeda. Formatnya adalah sebagai berikut.
  • IP:num
  • ASn:num
Seperti yang terlihat diatas, kita dapat menggunakan IP dan dan num. Selain itu juga kita dapat menggunakan AS dan num. Num sendiri berartikan number yang bersifat bebas. Dalam artian kita dapat menentukannya sesuka kita.

2. Route Targe
t

Route target dibuat untuk mengadakan interkoneksi dengan site lainnya, atau dalam kali ini disebut dengan Extranet VPN.

Dalam penggunaan Extranet sndiri, akan memungkinkan beberapa site, untuk saling terhubung ke dalam tunneling. Sehingga akan terjadi interkoneksi antar site tersebut.
 
 

Di dalam route target juga dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut.
  • export route target
Pada export route target, sebuah PE akan menentukan vpnv4 yang akan di gunakan oleh router tersebut. Atau dalam artian, export route target diibaratkan sebagai router id pada jaringan tersebut dikarenakan ini juga akan berfungsi sebagai identitas site tersebut. 
  • Import route target
Pada import route target, sebuah PE berhak untuk menentukan site mana saja yang akan diperbolehkan masuk ke dalam sitenya. Jadi tidak sembarang site diperbolehkan masuk ke site yang kita miliki.

Share this

0 Comment to "Route Distinguiser (RD) dan Route Target (RT)"