Wednesday, 19 April 2017

MPLS VPN Atom (Ethernet)

Assalamualaikum, 

Pada kali ini saya akan membahas mengenai MPLS Atom. Lalu apa itu MPLS Atom? MPLS Atom merupakan singkatan dari Any Transport Over MPLS dimana dalam penggunaan MPLS Atom ini, akan memungkinkan antar router membangun L2VPN dengan menggunakan perantara MPLS. 


Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa L2VPN akan membuat jalur untuk menghubungkan network yang sama namun berbeda router, maka dalam lab ini, kita akan coba untuk menghubungkan network yang sama, akan tetapi berada dalam router yang berbeda. 

Oke langsung saja, berikut topologi yang akan digunakan. 

Topology


Konfigurasi

Oke berdasarkan topologi yang terlihat, kita akan mencoba untuk menghubungkan R3 dan juga R4 yang memiliki address yang sama, namun sudah berbeda tempat. Dalam hal ini, pertama tama kita tentunya harus melakukan konfigurasi ip address terlebih dahulu pada client dan juga PE. 

Untuk konfigurasi interface PE yang mengarah ke client, kita tidak perlu mengkonfigurasikan ip address, dikarenakan konsep pada dasarnya adalah L2VPN akan menghubungkan network yang sama walaupun berada dalam jaringan yang berbeda, dengan pseudowire. Jadi pada client, kita hanya perlu menambahkan kepada kedua router tersebut address yang ada pada network yang sama. 

Lalu selanjutnya, konfigurasikan routing terlebih dahulu agar antar PE dapat ping ke loopback yang dimiliki oleh masing masing. 

Router-PE1
PE1(config)#router ri
PE1(config-router)#ver 2
PE1(config-router)#net 12.12.12.0
PE1(config-router)#net 1.1.1.1
PE1(config-router)#no aut
PE1(config-router)#ex

Router-PE2
PE2(config)#router ri
PE2(config-router)#ver 2
PE2(config-router)#net 12.12.12.0
PE2(config-router)#net 2.2.2.2
PE2(config-router)#no aut
PE2(config-router)#ex
Lalu pastikan terlebih dahulu bahwa dapat melakukan ping kepada interface loopback yang ada pada PE. 



Oke berdasarkan verifikasi diatas, kita sudah dapat melakukan ping ke interface loopback yang ada pada PE Router. Lalu selanjutnya, buat hubungan MPLS antar PE router.

Router-PE1
PE1(config)#mpls ip
PE1(config)#int g0/0
PE1(config-if)#mpls ip
PE1(config-if)#ex
Router-PE2
PE2(config)#mpls ip
PE2(config)#int g0/0
PE2(config-if)#mpls ip
PE2(config-if)#ex
Jika sudah, sekarang coba cek MPLS Forwarding yang ada pada router. 



Apabila sudah seperti itu, maka hubungan MPLS sudah berhasil dijalin. Selanjutnya, kita akan melakukan konfigurasi agar interface yang menuju ke PE lainnya dan juga menuju ke Jaringan local terbridge. 

Dalam hal ini kita akan menggunakan xconnect. Lalu apa itu xconnect? Coba kita konfigurasikan terlebih dahulu. 

Router-PE1
PE1(config-if)#int g1/0
PE1(config-if)#xcon 2.2.2.2 10 en mpls
PE1(config-if-xconn)#no shut
PE1(config-if)#ex
Router-PE2
PE2(config)#int g1/0
PE2(config-if)#xcon 1.1.1.1 10 en mpls
PE2(config-if-xconn)#no shut
PE2(config-if)#ex
Berdasarkan konfigurasi diatas, kita konfigurasi agar interface yang menuju ke client itu, dihubungkan dengan router yang juga menggunakan L2VPN. Lalu bagaimana caranya? Seperti yang terlihat pada konfigurasi diatas, kita melakukan konfigurasi pada interface yang menuju ke client agar dihubungkan dengan router PE lainnya yang juga menggunakan L2VPN.

Lalu kita juga harus menentukan identifier atau apabila pada eoip biasa disebut tunnel id. Selanjutnya, kita mendefinisikan bahwa xconnect yang dibuat itu agar dienkapsulasi menggunakan MPLS. Jika sudah, jangan lupa untuk mengaktifkan interface yang dibuat tadi.

Jika sudah, lakukan verifikasi.

Router-PE1



Router-PE2



Seperti yang terlihat pada hasil verifikasi diatas, kita harus memastikan bahwa status dari interface pseudowire yang kita buat tadi adalah up. Lalu coba lakukan traceroute antar client.

Router3


Router4


Berdasarkan hasil verifikasi diatas, L2VPN akan membuat kedua client itu seolah olah directly connected. Hal ini dikarenakan adanya pseudowire yang kita buat sebelumnya pada konfigurasi xconnect.

Oke sampai sini aja, Wassalamualaikum. 

Share this

0 Comment to "MPLS VPN Atom (Ethernet)"