Monday, 24 April 2017

Menu Logging

Assalamualaikum,
 
Pada kali ini saya akan share materi mengenai menu logging yang ada pada cisco. Menu logging sendiri merupakan fitur yang ada pada cisco yang akan memungkinkan kita untuk mempermudah dan juga lebih membuat simple ketika kita melakukan monitoring jaringan. 


Menu logging akan berfungsi layaknya kita sedang ingin paketan di hp. Kita hanya perlu mengetikkan nomor, dan nomor tersebut akan membawa kita ke menu selanjutnya. Sama seperti di cisco, menu logging yang disediakan cisco akan lebih mempermudah kita mungkin untuk monitoring sebuah jaringan. 

Dengan adanya menu logging, kita hanya perlu memilih menu mana yang akan kita gunakan. Seperti contoh kita ingin menggunakan sh run. Maka apabila sebelumnya sudah kita daftarkan menu sh run tersebut pada menu logging, maka kita hanya perlu untuk memasukkan nomor yang digunakan untuk menjalankan perintah sh run. 

Oke langsung praktek saja, berikut topologi yang digunakan. 

Topologi
Oke dengan topologi tersebut, kita akan memanfaatkan telnet untuk memasuki menu logging yang dikonfigurasikan pada sebuah router. R2 akan bertindak sebagai router remote, dan R1 akan bertindak sebagai router penyedia menu logging. 

Konfigurasi

Untuk konfigurasi yang pertama kali harus ditambahkan, tentunya kita harus membuat agar R2 dapat terhubung dengan R1 terlebih dahulu, dikarenakan nantinya R2 akan menggunakan telnet agar dapat melihat menu logging yang ada pada R1. 

Jika sudah dapat saling terhubung, konfigurasikan R1. 
R1(config)#line vty 0 15
R1(config-line)#login local
R1(config-line)#ex
R1(config)#user R1 priv 15 pass 0 CISCO
R1(config)#user R1 auto men R1
Berdasarkan verifikasi yang dilakukan diatas,  kita mengkonfigurasikan terlebih dahulu agar apabila ada yang ternet router tersebut, maka akan dibutuhkan password untuk loginnya. Pada kali ini saya menggunakan user R1 dan juga password CISCO.

Jika sudah, buat menu logging pada R1.
R1(config)#men R1 title ^C Router1 ^C
R1(config)#men R1 text 1 show ip interface brief
R1(config)#men R1 com 1 sh ip int br
R1(config)#men R1 text 2 show ip route
R1(config)#men R1 com 2 sh ip route
R1(config)#men R1 text 3 logout
R1(config)#men R1 com 3 exit
Oke konfigurasi tersebut dibuat agar apabila ada user yang login menggunakan user R1, maka akan muncul menu logging. Dalam hal ini, kita bisa mendefinisikan apasaja yang ingin kita tampilkan pada menu logging. Pada kali ini saya menggunakan angka 1 untuk Show ip interface brief, lalu angka 2 untuk Show ip route, dan juga angka 3 untuk logout.

Untuk perintahnya juga tidak harus sama persis seperti yang diatas, anda dapat mengkonfigurasikannya sesuka hati. Jika sudah, lakukan verifikasi untuk login dari R2.

 

Apabila sudah, maka akan muncul seperti berikut.


Itu merupakan menu logging yang ada pada cisco. Lalu coba untuk memilih opsi 1.



Maka akan langsung muncul apa yang kita perintahkan. Lalu coba untuk logout.


Maka akan secara otomatis logout dari telnet tersebut.

Oke sekian dari saya, Wassalamualaikum. 

Share this

0 Comment to "Menu Logging"