Sunday, 30 April 2017

Lab 8.10 Load Balancing Apache

Assalamualaikum, 

Pada kali ini saya akan melanjutkan materi selanjutnya dimana pada sebelumnya saya memposting mengenai reverse proxy, dan sekarang, saya akan membahas mengenai materi loadbalancing pada apache. Oke langsung saja, berikut topologi yang akan digunakan. 

Topologi 


Konfigurasi

Untuk konfigurasi, masih menggunakan server yang ada sebelumnya. Oke pertama tama konfigurasikan reverse proxy yang sebelumnya sudah kita buat. 


Jika sudah, masukkan konfigurasi agar DNS Server mendefinisikan server mana saja yang akan bekerjasama dengannya dalam membuat loadbalancing. Masukkan script seperti berikut. 


Lalu selanjutnya, kita harus restart httpd yang ada pada server, agar server mengaktifkan service httpd. 


Oke jika sudah, kita juga harus mengaktifkan service httpd yang ada pada node. 


Lalu selanjutya konfigurasikan firewall  pada server. 



Lalu selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan editing kepada file index yang ada pada server node. Untuk lokasi defaultnya, berada pada /var/www/html/index.html.




Oke jika sudah, lakukan verifikasi terhada web server yang sudah dibuat. Maka akan terliat perbedaannya. Pertama tama yang muncul adalah nama maitara. Yang dibawah berikut merupakan contoh dari node 1. 


Lalu karea kita mengatur loadbalancernya dengan value 1, maka secara otomatis domain yang berada node 1 akan mati otomatis. 



Dan ketika di refresh website yang ada, maka akan berganti mengjadi milik node 2.

Oke sekian, Wassalamualaikum.

Share this

0 Comment to "Lab 8.10 Load Balancing Apache"