Friday, 21 April 2017

Lab 8.1 Web Server Apache CentOS 7

Assalamualaikum, 

Pada kali ini, saya akan share materi mengenai cara membuat web server pada server CentOS. Web server sendiri merupakan sebuah service yang dapat digunakan di server yang akan memungkinkan mengirimkan balasan kepada client, ketika client tersebut melakukan request akses http ataupun https.


Untuk software yang dapat dignakan untuk membuat web server, ada banyak, akan tetapi pada lab kali ini, saya akan menggunakan Apache yang nantinya akan menyiapkan layanan untuk server. Untuk port yang digunakan oleh http sendiri, yaitu menggunakan port 80. 

Oke langsung aja, pada kali ini, saya menggunakan vps yang sudah saya miliki sebelumnya. Jadi gambaran antara client dan server seperti berikut. 

Topologi

 
Konfigurasi

Oke langsung saja, yang pertama harus kita lakukan tentunya melakukan instalasi apache server terlebih dahulu. Dikarenakan kita akan menggunakan apache sebagai web server. 


Mengapa kita menginstall httpd? Katanya mau nginstall apache? Kedua nama ini sebenernya saling berkaitan, di centos 7 sendiri, menggunakan httpd. Dalam hal ini sebenernya web server sudah jadi, akan tetapi kita harus membuka port 80 yang akan digunakan oleh web server. Selain itu juga kita harus menambahkan html untuk website yang akan kita gunakan nanti. Kalau ga ada htmlnya, gimana mau jadi website? hehehe. 


Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada file httpd. File httpd ini digunakan untuk mengatur web server itu sendiri. 


Pertama konfigurasikan server admin yang akan digunakan. Dalam hal ini, nantinya server akan memberi tahu kepada client apabila ada kesalahan yang ada pada server, anda bisa menghubungi email tersebut. Seperti contoh seperti berikut. 


Seperti yang terlihat pada gambar diatas, hal tersebut akan muncul apabila ada kesalahan konfigurasi pada server. Itu salah satu hasil dari kesalahan saya pada saat melakukan konfigurasi hehehe. 


Lalu selanjutnya, kita melakukan konfigurasi servername yang akan digunakan oleh server. Saya menggunakan VPS yang ada pada cloud, dan juga saya tidak memiliki domain sendiri. Oleh karena itu, saya menuliskan servername dengan menggunakan ip address dari server yang saya miliki. Dan tentunya, port yang digunakan adalah port 80. 


Berdasarkan konfigurasi diatas, kita mendefinisikan bahwa direktori /var/www dapat diakses oleh siapa saja. Hal ini dikarenakan nantinya, file database dari web yang akan kita buat, akan berada pada folder /var/www. 


Selanjutnya, kita menambahkan index.cgi dan juga index.php dimana nantinya, akan digunakan pada lab lab berikutnya. 


Lalu selanjutnya kita harus mengaktifkan httpd, dikarenakan pada sebelumnya, service httpd belum dalam keadaan aktif. 


Selanjutnya kita harus memasukkan service http pada firewall agar nantinya web server dapat diakses oleh client. 


Lalu kita harus restart firewall yang ada pada server, agar menerapkan perubahan yang sudah kita konfigurasikan. 

Jika sudah, selanjutnya kita harus melakukan editing pada html yang ada pada /var/www/html/index.html. Berikut konfigurasi yang akan saya kehendaki untuk web server saya. 


Lalu lakukan verifikasi bahwa web sudah dapat diakses. 


Dikarenakan saya tidak memiliki domain, maka saya menggunakan ip address dari server itu sendiri. Maka hasilnya akan seperti gambar diatas. 

Oke sampai sini saja, Waasalamualaiku

Share this

0 Comment to "Lab 8.1 Web Server Apache CentOS 7"