Thursday, 20 April 2017

Koneksi Mikrotik melalui Wireless

Assalamualaikum, 

Pada kali ini saya akan share materi mengenai cara agar device mikrotik dapat terhubung menggunakan internet. Namun pada kali ini, sumber internet menggunakan wireless, bukan dari ethernet. Mikrotik akan mencoba untuk menembak sebuah access point yang ada, setelah itu mikrotik akan berfungsi sebagai gateway dari jaringan local yang terhubung ke interface ethernetnya. 


Oke langsung saja, kita akan melakukan konfigurasi. 

Konfigurasi

Untuk konfigurasi pertama, kita harus menkonfigurasikan interface wireless agar interface tersebut berada dalam keadaan aktif. 
[admin@PC29] > interface wireless set 0 disabled=no

Jika sudah, pastilkan  interface wireless sudah dalam keadaan up. Lalu selanjutnya adalah kita harus menambahkan password yang ada pada access point tersebut. Hal ini dikarenakan tentunya access point tersebut memiliki autentikasi. Oleh karena itu, kita harus menambahkan password agar mikrotik dapat menggunakan access point yang nantinya akan digunakan.
[admin@PC29] > interface wireless security-profiles add name=PC29 wpa-pre-shared-key=tkj1-pc29 wpa2-pre-shared-key=tkj1-pc29 mode=dynamic-keys

Berdasarkan verifikasi diatas, kita menambahkan security profiles yang merupakan password yang dimiliki oleh access point yang akan kita tambahkan. Untuk jenis autentikasi yang digunakan, kita dapat menggunakan keduanya agar tidak terdapat kesalahan ketika ingin terhubung ke access point. 

Jika sudah, selanjutnya kita harus memilih access point mana yang akan kita gunakan. Saya menggunakan hotspot yang saya buat pada hp. 


Seperti yang terlihat pada gambar, terlihat bahwa kita menentukan access point mana yang akan digunakan. Dikarenakan kita ingin terhubung dengan access point tersebut, maka kita harus connect dengan access point tersebut. Selanjutnya konfigurasi bagian dasar dari interface wireless. 
[admin@PC29] > interface wireless set numbers=0 ssid=PC29 security-profile=PC29

Berdasarkan konfigurasi diatas, kita harus mendefinsikan security profile yang sudah kita buat tadi, yang merupakan password dari access point tersebut. Jika sudah, pastikan wireless sudah dalam keadaan running. 



Selanjutnya, konfigurasikan dhcp client pada interface wireless. 
[admin@PC29] > ip dhcp-client add interface=wlan1 add-default-route=yes use-peer-dns=yes use-peer-ntp=yes disabled=no 

Apabila sudah dikonfigurasikan, maka akan terlihat IP DHCP yang diberikan oleh access point. Setelah itu, pastikan router sudah dapat terhubung ke internet. 


Maka lab kali ini sudah selesai. 

Share this

0 Comment to "Koneksi Mikrotik melalui Wireless"