Sunday, 16 April 2017

How MPLS Works?

Assalamualaikum, 

Pada kali ini, setelah membahas mengenai What is MPLS, sekarang kita akan membahas mengenai cara kerja dari MPLS itu. Untuk materi MPLS sendiri, saya tidak akan menjelaskan begitu banyak, dikarenakan saya sendiri kurang pengetahuan mengenai MPLSnya hehehe, namun untuk lab insya allah akan saya tunjukkan. 


Seperti yang kita ketahui bahwa label diselipkan pada layer2. Jadi ketika ada packet yang dikirimkan melewati MPLS domain, maka packet tersebut akan diiringi dengan label. 



Seperti yang ada pada gambar diatas, gambar diatas merupakan sebuah proses bagaimana yang akan terjadi ketika client mengirimkan sebuah packet ke client lainnya melewati MPLS Backbone. 

Sebelum kita mempelajari cara jalannya, kita akan mempelajari router yang ada pada dalam MPLS Backbone terlebih dahulu. Di dalam MPLS sendiri, setiap router yang berada dalam berbeda daerah dan juga berbeda ugas memiliki nama masing masing. 
  1. LER (Label Edge Router) atau Provider Edge
Di dalam MPLS Backbone, Provider Edge biasa bertempatkan pada setiap ujung MPLS Backbone. Dan itulah memang tugas dari LER, yaitu menghubungkan MPLS domain dengan non MPLS domain. Dalam artian, LER akan menghubungkan MPLS backbone dengan daerah yang tidak menggunakan MPLS. Dalam hal ini, berlaku juga untuk koneksi ke client tanpa MPLS. 

  1. LSR (Label Switch Router) atau Provider Router
Di dalam MPLS Backbone, juga terdapat Provider Router. Utuk Provider router sediri, dia biasanya berada untuk menghubungkan PE yang ada. Dalam artian, Provider router akan bertugas untuk memforward label yang nantinya akan lalu lalang di dalam MPLS Backbone. 

Oke setelah tau, kita akan membahas apa yang terjadi ketika client mengirimkan sebuah packet ke client lainnya melewati MPLS Backbone? 

Cara Kerja MPLS


Ini saya tambahin lagi gambarnya ehehe. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, ketika client mengirimkan sebuah packet melewati MPLS Backbone, maka Packet tersebut akan di klasifikasikan terlebih dahulu, setelah itu packet tersebut dilapisi dengan Label. Inilah tugas dari LER, setiap ada packet yang keluar ataupun masuk, maka tugas dia adalah untuk memberikan label terhadap packet tersebut, atau melepas label yang sudah diberikan sebelumnya. 

Lalu perlu diingat, label untuk setiap network berbeda beda. Jadi setiap melalui sebuah network, maka packet tersebut akan mendapatkan label yang berbeda beda. Selanjutnya, setelah diberikan label, packet tersebut yang sudah diberikan label diforward oleh LSR kepada tujuan. Jadi tugas dari LSR akan menforward label tersebut ke LER tujuan. 

Setelah di forward, ketika packet tersebut sudah mencapai LER tujuan, maka packet yang sebelumnya sudah diberikan label, akan di lepas labelnya. Mengapa dilepas? Dikarenakan jaringan local tidak dapat membaca label yang ada pada di MPLS. Yang hanya dapat membacanya hanyalah MPLS backbone. 

Seperti itulah proses jalannya packet dari client melewati MPLS backbone. Jadi nantinya ketika sudah sampai pada client, maka packetnya akan seperti biasa kembali.

Share this

0 Comment to "How MPLS Works?"