Monday, 24 April 2017

Embedded Event Manager

Assalamualaikum, 

Pada kali ini, saya akan share sebuah cara dimana mungkin akan menjadi suatu masalah network engineer, apalagi ketika dalam keadaan mengantuk. Ketika kita sedang melakukan konfigurasi sebuah interface agar interface tersebut down, dikarenakan interface tersebut tidak berguna, tetapi kita malah mematikan interface yang menjadi jalur utama. Atau dalam hal ini katakanlah interface loopback yang digunakan untuk peering. 


Hal ini tentunya akan menyebabkan jaringan down. Dan tentunya kita tidak mau terjadi sampai seperti itu. Oleh karena itu, ada suatu fitur yang ada pada cisco dimana fitur ini digunakan agar cisco menjalankan sebuah perintah, apabila ada sebuah kata yang match. Agar lebih jelasnya kita langsung coba untuk melakukan konfigurasi pada cisco. 
R1(config-if)#event manager applet WatchLo0                           
R1(config-applet)#event syslog pattern "Interface Loopback0.*down" period 1
Oke berdasarkan konfigurasi diatas, kita mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu. Lalu jika sudah, kita memerintahkan kepada Event manager tersebut, "apabila ada syslog yang terdapat kata kata "Interface Loopback0.*down"". Kurang lebih seperti itulah perintah yang ada diatas. Setelah itu kita menegaskan kembali pada konfigurasi berikut. 
R1(config-applet)#action 2.0 cli command "enable"
R1(config-applet)#action 2.1 cli command "conf term"
R1(config-applet)#action 2.2 cli command "interface lo0"
R1(config-applet)#action 2.3 cli command "no shutdown"
R1(config-applet)#action 3.0 syslog msg "Interface Loopback0 aktif lagi" 
R1(config-applet)#ex
Pada konfigurasi tersebut, kita memerintahkan router agar menjalankan beberapa perintah apabila ada yang cocok pada yang sudah kita definisikan tadi.  Konfigurasi yang dimasukkan adalah konfigurasi yang digunakan untuk mengaktifkan interface itu kembali. Lalu kita definisikan pada terakhirnya, apabila sudah dilaksanakan, maka tambahkan pesan seperti yang dituliskan itu. 

Jika sudah, lalu coba lakukan verifikasi untuk shutdown interface loopback yang ada pada router tersebut, lalu pastikan interface tersebut up kembali dengan pesan yang sudah kita tuliskan tadi. 


Oke berdasarkan verifikasi diatas, kita sudah dapati bahwa interface loopback akan aktif kembali dengan pesan yang sudah kita berikan tadi. 

Dalam penggunaan EEM sendiri, sebenarnya tidak hanya dapat digunakan pada interface, akan tetapi dapat digunakan pada konfigurasi yang lainnya. kita tinggal mendefinisikan pada perintah EEM. 

Oke sekian dari saya, Wassalamualaikum. 

Share this

0 Comment to "Embedded Event Manager"