Friday, 14 April 2017

BGP Based VPLS

Assalamualaikum, 

Pada kali ini, Kita akan mengetahui apa itu bgp based vpls. Perlu diketahui sebelumnya, VPLS juga dapat dikonfigurasikan menggunakan perantara BGP. BGP akan membuat adjacency atar sisi menjadi lebih mudah. Lalu bagaimana VPLS itu dapat berjalan pada BGP? 


BGP memiliki fungsi untuk membuat hubungan VPLS tanpa harus melakukan konfigurasi VPLS pada kedua sisi. Inilah mengapa BGP VPLS disebut memiliki fungsi autodiscovery dimana tidak perlu untuk melakukan konfigurasi pada kedua sisi.

Lalu bagaimana VPLS tersebut dapat terjalin? BGP VPLS yang sudah dibuat, akan menggunakan update message yang dimiliki BGP itu sendiri, untuk mendistribusikan VPLS tersebut. Dan inilah mengapa BGP VPLS disebut memiliki fungsi signalling dimana BGP akan menggunakan update message untuk mendistribusikan VPLS tersebut.

Penggunaan BGP sebagai perantara hubungan VPLS, bisa dibilang cukup menguntungkan. Hal ini dikarenakan BGP tidak memerlukan perantara MPLS untuk membuat hubungan VPLS tersebut. Jadi hanya menggunakan BGP saja, juga sudah bisa membuat hubungan VPLS.

Untuk konfigurasi pertama kali, tentunya konfigurasikan BGP Instance untuk menentukan AS yang akan digunakan oleh routing BGP.

Jika sudah, konfigurasikan peering antar kedua router. Akan tetapi jangan lupa untuk mendefinisikan Address family yang akan digunakan oleh BGP itu sendiri.
[admin@Mikrotik] > /routing bgp peer
add remote address=[Neighbor address] remote-as=[Neighbor AS] update-source=lo address-families=l2vpn
Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa BGP dapat menjalankan multi protocol. Oleh karena itu, kita harus mendefinisikan L2VPN pada address family yang akan digunakan oleh BGP peer dikarenakan VPLS merupakan protocol yang berjalan pada layer 2. Lalu untuk update sourcenya, kita menggunakan loopback.

Apakah konfigurasi sampai sini saja? Tidak, dikarenakan kita harus melakukan konfigurasi VPLS pada kedua sisi. Loh tadi katanya ga usah konfigurasikan? VPLS tidak usah di konfigurasikan, dalam artian konfigurasi secara manual untuk mendefinisikan address mana yang akan membuat hubungan tunneling. Dikarenakan BGP VPLS merupakan salah satu cara untuk membuat hubungan VPLS secara dynamic.

Pertama untuk membuat tunneling, tentunya buat telebih dahulu interface bridge pada router yang brisikan interdface yang menuju ke jaringan local. Jika sudah, konfigurasikan seperti berikut.
[admin@Mikrotik] > /interface vpls bgp-vpls
add bridge=<bridge> bridge-horizon=1 site-id=1
route-distinguisher=1:1 import-route-targer=1:1 export-route-
target=1:1
Berdasarkan konfigurasi diatas, kita perlu mendefinisikan interface bridge yang sudah kita buat tadi. Nantinya, interface bridge tersebut secara otomatis akan berisikan tunneling VPLS apabila adjacency antar site sudah terjalin.Lalu apa itu Route distinguisher, dan Route target? Anda dapat melihat pada artikel berikut.

Share this

0 Comment to "BGP Based VPLS"