Tuesday, 28 March 2017

PPP Dynamic Simple Queue

Assalamualaikum,


Pada kali ini saya akan share materi lanjutan mengenai PPP. Sebelumnya saya sudah posting materi PPP yang dapat di lihat disini

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, queue merupakan limitasi yang dapat diterapkan pada sebuah traffic untuk membatasi traffic yang ada pada dalam jaringan. Dan pada mikrotik sendiri, kita dapat menggunakn simple queue dan juga queue tree. 

Namun pada kali ini, kita akan menerapkan queue pada PPP Profile. Dalam penerapannya, nantinya sebuah user akan mendapatkan limitasi dari konfigurasi yang dibuat di PPP Profile. 

Dalam penggunaan queue yang diterapkan pada PPP Profile akan ada saatnya apabila sebuah administrator jaringan akan melimit pada tunneling PPP yang ada. Apabila ada suatu kasus yang mengharuskan kita melimit berdasarkan grup yang ada, maka kita dapat melakukan konfigurasi pada PPP Profile. 


Seperti yang terlihat pada diatas, kita dapat melakukan konfigurasi pada PPP Profile > Limits. Dalam penentuan limit juga kita perlu mempertimbangkan apa saja yang akan di tambahkan limitasinya. 

Dalam hal ini, PPP Profile sendiri mempunyai format untuk menentukan queue yang akan diterapkan pada PPP Profilenya. 
rx-rate/tr-rate rx-burst-rate/tx-burst-rate rx-burst-threshold/tx-burst-threshold rx-burst-time/tx-burst-time priority rx-rate-min/tx-rate-min
Sesuai dengan namanya dynamic simple queue maka nantinya limitasi yang sudah kita buat akan ada secara otomatis pada simple queue.  Namun perlu diketahui, yang kita buat adalah dynamic simple queue. Untuk queuenya sendiri, akan muncul apabila ada user yang connect dengan secret yang menggunakan profile yang sudah di limit tadi. Jadi apabila tidak ada user yang connect, maka tidak akan muncul queue yang kita buat tadi. 

Apabila saya menerapkan rate limit seperti contoh diatas, dan berikut hasil dynamic simple queue yang ada secara otomatis.


Seperti yang terlihat pada gambar diatas, terlihat bahwa queue tersebut sifatnya dynamic. Jadi hanya ada apabila ada client yang connect. Mungkin hanya sampai sini saja. 

Terimakasih, 
Wassalamualaikum.

Share this