Tuesday, 7 March 2017

Lihatlah Ke Bawah - Yufid TV

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh,


Hampir di setiap langkah demi langkah kehidupan, sering kali kita iringi dengan keluhan. Hampir di setiap masalah yang mendera, sering kita lalui dengan keluh dan kesah. Bahkan hampir di setiap nikmat dan anugrah yang kita miliki, kita sambut bukan dengan syukur, melainkan dengan dahi berkerut tanda tak puas. Lalu membanding bandingkannya dengan nikmat orang lain. Seakan Allah tak pernah menurunkan nikmatnya. Seolah tak ada anugrahnya yang pernah menyapa. 

Sinar matahari saja yang tak satupun makhluk melata bisa hidup tanpanya, tiba tiba saja kita keluhkan saat melangkah di bawah teriknya. Hanya karena kita tak pernah melihat bahwa di sisi kita ada yang lebih berat dalam melangkah, dan dia tak sedikitpun mengeluh, tunduk sabar. Namun terus melangkah. 

Udara yang tak satupun manusia dapat hidup tanpanya, tiba tiba kita sepelekan dengan keluhan, dengan kerutan dahi, dan wajah yang muram. Hanya karena panasnya cuaca, atau gerahnya udara yang terasa. 

Tengoklah sejenak kebawah, tataplah sejenak kesamping, dikiri dan kanan kita, ada banyak yang lebih berat memikul beban, lebih susah menahan derita. Tengoklah sejenak kebawah, tataplah sejenak kesamping, tak sedikit dari mereka yang tak seberuntung kita, tak sedikit dari kita yang tak seperti posisi dan keadaan kita saat ini. 

Maka bangunlah dari mimpi hidup sempurna di dunia, jalani hari harimu, apa adanya. Dengan sabar, syukur, dan sehebat hebat ikhtiar, serta doa. Dengan begitu, dada menjadi lapang. Jiwapun teduh dalam ridha dan sabar. Bibir bisa menyimpul senyum, dan raut muka tak lagi masam. 

Dalam urusan duniawi, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam memerintahkan kita untuk melihat kebawah. Melihat mereka yang tak seberuntung kita. Melihat mereka yang tak semampu kita. Agar nikmat Allah sekecil apapun itu tetap besar dan agung di hati sebagaimana layaknya. Karena pada hakikatnya, tak ada yang kecil dari nikmat nikmat Allah, yang maha besar. 
"Lihatlah mereka yang ada dibawahmu (dalam urusan pencapaian duniawi), dan janganlah kalian memandang orang diatas kalian. Itu lebih layak, agar kalian tidak meremehkan nikmat Allah untuk kalian." (HR. Bukhari dan Muslim)
 Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh. 


Share this

0 Comment to "Lihatlah Ke Bawah - Yufid TV"