Tuesday, 13 September 2016

Remote Desktop VNC

Pada kali ini, saya akan menunjukkan beberapa langkah untuk melakukan Remote desktop menggunakan VNC. Pada umumnya semua tujuan dari Aplikasi Remote Desktop sama, yaitu untuk meremote pc. Namun yang membedakan hanyalah bentuk penggunaannya dan mungkin fitur yang disediakan juga berbeda.
Hasil gambar untuk VNC
Pertama yang harus disiapkan adalah VNC Server (Untuk Server), VNC Viewer (Untuk Client), dan koneksi pastinya. Oke jika sudah siap, langsung ke TKP...


Klik more, lalu pilih Options. 


Lalu pilih security. Pada security, akan ada 2 opsi yang dapat kita ganti, yaitu Authentication dan Encryption. Pada opsi Authentication, kita dapat menentukan authentikasi apa yang akan kita gunakan. Kita dapat menggunakan unix password, yaitu user dan password dari unix. Kemudian Windows Password yaitu user dan password dari Windows dan VNC password yaitu kita membuat password untuk VNC itu sendiri. 

Sedangkan pada proses enkripsi, kita dapat memilih apakah kita akan mengenkripsi password atau tidak.


Saya menggunakan VNC password dan mengenkripsi password tersebut. 


Setelah anda klik apply, anda akan diminta membuat password untuk VNC server agar client yang ingin meremote akan diminta password yang sudah kita buat. 


Setelah itu, Server siap untuk di remote. Ip address yang ada pada VNC Server merupakan IP address yang dapat digunakan untuk meremote Server tersebut. 


Untuk remote pada client, buka VNC Viewer. Setelah itu masukkan ip address yang ada pada server. Setelah itu Connect. 

Lalu VNC akan meminta password VNC Server. Masukkan password yang sudah kita buat pada VNC server, lalu klik oke. 

Sekian dari saya, Wassalamualaikum. 






Share this