Wednesday, 14 September 2016

Remote Desktop TeamViewer

 Pada kali ini saya akan menujukkan beberapa langkah untuk meremote pc menggunakan aplikasi TeamViewer. TeamViewer mempunyai beberapa fitur yang mungkin tidak dimiliki oleh aplikasi remote lainnya yaitu meeting. Penggunaan fitur meeting memudahkan sebuah PC untuk menshare apa yang ditampilkan, kepada beberapa pengguna lainnya. Fitur meeting memudahkan kita untuk mempresentaikan sesuatu, ataupun menjadi sarana pembelajaran online. Terdapat juga fitur file transfer yang memudahkan kita untuk mentransfer file kepada pc lain walaupun dalam jarak yang jauh. 
Yang dibutuhkan yaitu TeamViewer dan koneksi internet. Apabila semua sudah siap, langsung ke TKP.. 


Pada tampilan awal TeamViewer akan terlihat ID kita beserta passwordnya, Partner id, dan personal password. Id pada TeamViewer merupakan ID agar komputer lain dapat meremote pc kita, dan personal password merupakan password yang dapat kita buat sendiri, agar kita gampang untuk menghafal password dari ID tersebut. Lalu ada partner ID, yaitu coloum agar kita dapat meremote pc teman kita. Masukkan ID teman kita, lalu klik Connect to partner. Maka TeamViewer akan meminta password dari ID teman kita. Setelah memasukkan Password, maka PC akan segera terkoneksi dengan pc teman.


Setelah itu ada fitur meeting. Kita dapat menjadi presentator ataupun menjadi host dalam meeting tersebut. Untuk menjadi presentator, kita dapat mengklik start instant meeting, lalu meeting akan dimulai dan akan terlihat ID meeting tersebut. Anda dapat share meeting ID tersebut kepada Client anda. Selain meeting yang dimulai secara langsung, anda juga bisa menentukan kapan meeting akan di mulai pada Schedule meetings. Untuk join meeting, masukkan meeting ID lalu klik join meeting. Anda akan masuk ke meeting tersebut dengan nama sesuai PC anda. 


Selain meremote menggunakan koneksi internet, anda juga dapat mengkoneksikan menggunakan LAN. Untuk meremote menggunakan LAN, Klik Extras, lalu pilih Options. 


Lalu pilih pengaturan General. Pada general, akan ada Incoming LAN Connections. Pilih opsi accept Exclusively. 


Lalu pada tampilan ID, akan ditampilkan ID anda yang didapatkan dari IP address. Untuk meremote, sama seperti sebelumnya, yaitu masukkan IP address teman pada Partner  ID, lalu masukkan password, dan anda akan terhubung. 

Sekian dari saya, Wassalamualaikum.


Share this