Monday, 19 September 2016

Jenis jenis Routing

Assalamualaikum

Setelah sebelumnya saya membuat artikel mengenai Pengertian Routing, pada kali ini saya akan melanjutkan materi yaitu mengenai jenis jenis routing.


Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, Routing merupakan sebuah proses pada jaringan yang memungkinkan sebauh network dapat meneruskan sebuah paket network lainnya. Routing sendiri ada beberapa jenis, diantaranya :

1. Static Routing
2. Dynamic Routing

Static Routing 

Static routing merupakan routing yang ditambahkan oleh admin jaringan secara manual untuk menambahkan jalur jalur kepada routing table. Umumnya static routing digunakan untuk sebuah network berskala kecil (LAN), dikarenakan penggunaan yang tidak begitu efektif untuk penggunaan berskala besar. Administrator harus benar benar teliti dan benar benar mengetahui informasi setiap router yang ada pada dalam suatu jaringan. Namun dengan menggunakan static routing, kerja cpu dari router tersebut akan lebih ringan dan keamanan dalam sebuah jaringan tentunya akan lebih meningkat.

Dynamic Routing 

Dynamic routing merupakan routing yang memiliki routing tabel secara otomatis. Dalam artian bahwa routing tabel router yang menggunakan Dynamic routing akan secara otomatis terupdate tanpa harus ditambahkan secara manual oleh admin jaringan. Protokol routing mengatur secara otomatis router yang menggunakannya agar router tersebut dapat berkomunikasi dengan router lain, mengetahui informasi router lain, walaupun dalam jaringan yang berbeda. Dynamic routing mengirimkan paket setiap beberapa detik untuk mendapatkan informasi secara cepat. Apabila sebuah router down, maka router lain yang berbeda jaringan dengan router yang down tersebut, akan mengetahui bahwa router itu sedang down atau tidak aktif. Dynamic routing juga mengirimkan paket tersebut untuk mengupdate tabel routing tersebut apakah ada router baru yang dapat terhubung dengannya. Namun penggunaan dynamic routing akan menggunakan kinerja CPU yang lebih besar dari pada static routing.

Share this