Monday, 19 September 2016

Apa itu Routing?

Assalamualaikum. 


Pada kali ini, saya akan menjelaskan tentang Routing. Apa itu Routing?


Routing merupakan sebuah protokol yang memungkinkan sebuah network dapat meneruskan sebuah packet dari suatu jaringan ke jaringan lain. 

Sebagai contoh, ada 3 perumahan dan disetiap perumahan terdapat penjaga pada jalur utamanya. Apabila dari perumahan C mengirimkan paket ke perumahan A melalui jalan utama, maka otomatis akan melewati penjaga di perumahan B dan A. Pertama - tama langkah perjalannya perumahan C, yaitu dari penjaga perumahan C. Penjaga C, akan memeriksa dahulu kemana paket itu akan dikirimkan. Apabila sudah diketahui paket itu akan dikirimkan kemana, lalu Penjaga C akan memeriksa pada daftar Perumahan yang telah dikenal perumahan C. Apabla terdapat daftar Perumahan tujuan, maka paket akan langsung dikirimkan ke tujuan. Namun apabila tidak ada, maka penjaga C akan bertanya apakah ada daftar tujuan pada penjaga B. 

Lalu diketahui bahwa perumahan B dapat dilewati untuk menuju ke perumahan A, maka paket tersebut akan disampaikan terlebih dahulu ke perumahan B. Lalu paket tersebut akan dikirimkan kembali ke perumahan A. Sebelum masuk ke perumahan A, Penjaga A akan memeriksa terlebih dahulu darimana paket itu berasal. Apabila tidak ditemukan daftar perumahan pengirim, maka Penjaga A akan menanyakan darimana paket itu berasal kepada penjaga B. Lalu setelah diketahui bahwa yang mengirim itu dari perumahan C, maka Penjaga A langsung memasukkan daftar perumahan yang dapat diterima paketnya. 

Seperti itulah proses routing bekerja. Router akan mengirimkan sebuah paket ke tujuan, apabila routing table yang ada pada router terdapat arah untuk menuju ke tujuan. Apabila tidak ada, router akan mengirimkan paket update ke router neighbors untuk mengecek apakah ada neighbors baru atau tidak.

Bentuk - Bentuk Routing

Ada 2 bentuk routing, diantaranya :

1. Direct Routing- Packet dikirimkan dari suatu device ke device lain secara langsung (satu network) sehingga tidak diperlukan gateway untuk menuju ke device lain.

2. Indirect Routing- Packet dikirimkan dari suatu device ke device lain melalui gateway (berbeda network) sebagai jalan keluar paket tersebut untuk menuju network lain.

Tabel Routing

Tabel routing berfungsi sebagai memori routing sebuah router. Tabel routing akan berusaha untuk mengupdate routing yang ada, agar router dapat menemukan jalur terbaik (best path) untuk menuju sebuah tujuan.

Informasi yang terdapat pada routing table dapat diperoleh secara Static (Static Routing) yaitu admin jaringan menambahkan secara manual tujuan dan jalaan keluar paket tersebut. Dan dapat diperoleh juga secara Dinamis (Dynamic Routing) yaitu router akan menambahkan routing secara otomatis dengan cara mengupdate setiap beberapa detik untuk mengupdate routing table dan digunakan untuk menentukan jalur tercepat (Shortest path) untuk di lalui oleh sebuah paket.





Share this