Thursday, 3 March 2016

Apa itu VPN?


Apa itu vpn? VPN adalah Virtual Private Network yang memungkinkan kita dapat mengakses jaringan lokal menggunakan internet dengan teknologi tunneling. Ini merupakan solusi mudah  untuk melakukan konektivitas dengan jaringan lokal hanya dengan menggunakan internet. Namun perlu kita ketahui, bahwa VPN itu hanya bersifat virtual. Dengan artian, jaringan publik seolah olah sebagai jaringan lokal dan kita termasuk didalamnya. VPN biasanya digunakan oleh suatu sekolah maupun suatu perusahaan supaya dapat berkomunikasi dengan sekolah atau perusahaan lainnya dalam virtual jaringan lokal. 


Ada software yang mendukung penggunaan VPN, seperti contohnya OpenVPN. OpenVPN adalah sebuah software open source untuk VPN yang dapat digunakan dengan cross platform (dapat saling terhubung walaupun berbeda sistem operasi) dimana aplikasi tersebut bekerja point to point tunnel yang memungkinkan personal computer yang kita miliki dapat langsung terhubung dengan server
secara point to point.


OpenVPN lebih diunggulkan dalam menggunakan VPN, dikarenakan tingkat enskripsi/keamanan yang tinggi yang meminimalisir terjadinya sniffing data pada jaringan publik.

Adapun fungsi tersendiri dari OpenVPN tersebut, yaitu
a. Kerahasiaan
     VPN melindungi data yang akan di transfer dengan adanya enskripsi data pada VPN. Ketika melewati internet, data akan dijaga kerahasiaannya

b. Data integrity (keutuhan data), data akan dijaga dari suatu personal computer ke server maupun sebaliknya dengan data yang akan tetap utuh. Ketika melewati internet, VPN akan menjaga data yang akan di transfer tersebut tanpa ada cacat sama sekali.

c. Origin Authentication (Verifikasi Sumber), OpenVPN akan melakukan verifikasi terhadap sumber data yang akan masuk kepada server tersebut.VPN akan memeriksa source data, dan jika authentication berhasil, VPN akan mensetujui data yang masuk.

d. Enkripsi, yaitu OpenVPN akan mengenskripsi dan melindungi data sehingga data sulit dibaca. Enkripsi akan merubah suatu data menjadi chipper (Bahasa mesin) yang pastinya akan menyulitkan untuk membaca apa isi dari data tersebut. Bahkan dengan adanya enkripsi, data akan di kompress dan tentunya akan menghemat kuota kita.

Share this