Thursday, 11 February 2016

Maintenance


Router merupakan suatu perangkat jaringan yang cerdas. Perangkat tersebut dapat mengirimkan packet ke tujuan yang benar tanpa salah, dan dapat menentukan jalur yang terdekat, namun bukan berarti router tersebut tidak memerlukan maintenance. Maintenance diperlukan suatu perangkat untuk memperbaiki atau merawat perangkat tersebut baik hardwarenya, ataupun pengaturan pengaturannya. Untuk melakukan maintenance pada router, berikut perintah yang dapat digunakan :


Jika pada winbox, anda dapat melakukannya pada System > Shutdown dan System > Reboot.  Setelah itu, anda akan ditanya jika sudah di reset, apakah anda ingin menggunakan pengaturan default (factory setting)? Jika anda ingin kembali ke factory setting, maka akan ada ip address default mikrotik yaitu 192.168.88.1/24 dengan login user=admin dan tanpa password. Jika ingin mengembalikan ke factory setting, berikut perintah yang digunakan :


Dan jika tidak ingin mengembalikan ke factory setting dan ingin tidak ada konfigurasi apa pun pada routerOS, berikut perintah yang dapat dilakukan :

Share this